Advertise

Fase-fase di dalam revolusi industri

 


Fase-fase di dalam revolusi industri 

1. Revolusi industri 1.0 

Fase ini ditandai dengan ditemukannya mesin uap, sehingga pada saat itu semua  proses industri yang masih menggunakan tenaga manusia atau hewan bisa  digantikan oleh tenaga mesin uap. 

2. Revolusi industri 2.0 

Industri pada masa ini didukung oleh listrik dan assemby lines atau jalur yang  memudahkan pekerja/karyawan industri untuk melakukan pekerjaan dengan cepat. 3. Revolusi industri 3.0 

Muncul ketika komputer dibangun dan ditemukan, yang kemudian membuat makin  banyak industri baik big industri maupun small dan medium industri yang  memanfaatkan komputer. 

Selain itu, revolusi industri 3.0 ditandai dengan ditemukannya internet yang  menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. 

4. Revolusi industri 4.0 

Revolusi industri 4.0 merupakan babak baru dimana proses otomatisasi ini muncul  dari teknologi kecerdasan buatan yang tergabung dengan berbagai macam teknologi  lainnya, seperti nano/nanoteknologi, 3D printing, mobile computing, adanya  berbagai macam sensor. 

Munculya smartphone dan otomatisasi membuat hal-hal yang tadinya dilakukan  secara tradisional yang melibatkan manusia menjadi tidak berlaku kembali, seperti  munculnya e-commerce, munculnya berbagai macam situs yang membantu  perekonomian kreatif. 

Menurut Gartner, revolusi industri 4,0 didukung oleh beberapa teknologi digital, 


Posting Komentar

0 Komentar