Advertise

Android 12 resmi rilis, Yuk update smartphonemu !


Android 12 resmi dirilis ke pengguna umum mulai 19 Oktober 2021. Android 12 membutuhkan waktu lebih lama dari pendahulunya untuk diluncurkan. Misalnya saja, Android 10 dirilis pada 3 September 2019, sedangkan Android 11 resmi diluncurkan pada 8 September 2020. Tentunya sistem operasi Android 12 menawarkan sejumlah pembaruan dari segi desain maupun fitur. Berikut beberapa fitur yang ditawarkan :

1. UI dengan tampilan baru

Pembaruan kali ini menampilkan wallpaper yang menarik, tema-tema ringan, dan tampilan yang lebih terpadu. Pengguna bisa mengubah opsi tema sendiri, perubahan bayangan notifikasi dan pengaturan lebih cepat. Google memperbarui ini agar memberi kesan yang menyenangkan.

2. Google Assistant

Di Android 12, pengguna dapat menekan lama tombol power untuk memanggil Google Assistant agar melakukan panggilan telepon, membuka aplikasi, mengajukan pertanyaan, atau membaca artikel.

3. Pengaturan Cepat

Quick Settings kini memungkinkan pengguna mengontrol secara praktis seluruh sistem operasi dengan swipe dan satu ketukan. Area Quick Settings tidak hanya terlihat berbeda, kini turut disertakan Google Pay dan Home Controls, serta dimungkinkan melakukan penyesuaian sehingga pengguna dapat memiliki semua yang paling dibutuhkan di satu tempat yang mudah diakses.

4. Privasi dan keamanan

Privacy Dashboard yang baru menawarkan satu tampilan ke pengaturan izin serta data apa yang sedang diakses, seberapa sering dan oleh aplikasi mana. Ini juga memungkinkan pengguna dengan mudah mencabut izin aplikasi langsung dari dashboard. Android 12 juga memberikan pengguna kontrol lebih terhadap seberapa banyak informasi yang dibagikan dengan aplikasi. Di luar fitur privasi baru di Android 12, Google juga memperkenalkan fitur Android Private Compute Core. Tujuannya untuk menjaga informasi pribadi tetap aman, bersifat pribadi, dan lokal ke dalam ponsel.


Saat ini Google telah merilis Android 12 Beta, Smartphone denga merk besutan Oppo, Xiaomi, Vivo, Realme, Sharp, Asus dan yang lainnya dapat pula melakukan update dan menggunakan fitur baru tersebut !

Posting Komentar

0 Komentar