Advertise

Simak Cara Menggunakan Google Spreadsheet !!

Simak Cara Menggunakan Aplikasi Google Spreadsheet !!

Saat ini, cukup banyak tersedia berbagai fitur canggih, aplikasi/software, hingga program teknologi untuk memudahkan pekerjaan dan membuatnya selesai dengan rapi. Salah satunya, Google Sheets atau Spreadsheet.

Meski ini bukan layanan baru, nyatanya masih banyak orang yang belum paham cara menggunakan spreadsheet secara online maupun offline.

Apa Itu Spreadsheet atau Google Sheets?

Google Sheets termasuk     salah satu fitur dari Google Drive (layanan penyimpanan online tanpa batas) yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Google.

Spreadsheet adalah aplikasi atau program komputer yang digunakan untuk mengolah, menangkap, serta menampilkan data yang disusun dalam kolom dan baris

Bentuk atau format spreadsheet sendiri bisa dibilang mirip seperti Microsoft Excel, di dalamnya tersusun atas kolom dan baris.

Umumnya, spreadsheet bisa dioperasikan online dan memungkinkan pengguna untuk mengedit dokumen/file dalam spreadsheet kapan dan di mana saja.

Selain itu, pengguna Google spreadsheet juga bisa berbagi dokumen yang sama dengan orang lain, termasuk untuk urusan mengedit (menambah/mengurangi) isi dari file tersebut.

Tentu, spreadsheet menjadi solusi pilihan untuk memudahkan pekerjaan kamu bersama tim agar bisa selesai tepat waktu dan tersusun lebih rapi.

Cara Menggunakan Google Spreadsheet

Bagaimana cara menggunakan Google Sheets atau Spreadsheet ini? Untuk pengguna pemula, cara membuat spreadsheet tentu membuat bingung, ya.

Biar lebih mudah paham, simak ulasan tentang cara menggunakan spreadsheet dibawah ini :

  1. Kamu harus memiliki akun Gmail. Jika belum ada, silahkan membuat akun Gmail (gmail.com ) terlebih dahulu sebelum menggunakan spreadsheet.
  2. Apabila akun Gmail sudah ada, kamu pun bisa mulai menggunakan spreadsheet secara online melalui link: docs.google.com/spreadsheets .
  3. Pada browser, nantinya akan muncul 'Start a New Spreadsheet'. Klik 'Blank' di bagian bawah kalimat tersebut untuk membuat spreadsheet baru.
  4. Tampilan spreadsheet baru yang kosong (terdiri dari sel, baris, dan kolom seperti Microsoft Excel) akan terlihat pada browser.
  5. Silahkan ubah nama spreadsheet baru tersebut dengan mengetik di bagian 'Untitled Spreadsheet'.
  6. Pada bagian bawah, kamu bisa mengedit nama setiap 'Sheet' sesuai kebutuhan pekerjaan dan tim.
  7. Silahkan isi setiap sel, kolom, dan baris pada file spreadsheet tersebut sesuai kebutuhan pekerjaan.
  8. Kamu bisa mengedit Google Spreadsheet tersebut kapan dan di mana saja. Semua perubahan data setiap selesai mengetik akan tersimpan otomatis.


Posting Komentar

0 Komentar