Advertise

Apa itu Coding di Dunia Pemrograman ? Ini Definisi, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya !

 

Untuk kita yang tertarik dalam bidang teknologi, pasti tidak asing mendengar kata Coding. Coding merupakan skill yang akhir-akhir ini  selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan IT.

Secara umum, Coding adalah aktivitas yang dilakukan programmer untuk bisa melakukan komunikasi dengan komputer. Tanpa adanya Coding dari programmer, komputer tidak bisa melakukan apa-apa.

Dengan kata lain, Coding adalah cara berkomunikasi dengan komputer. Bahasa yang dipakai bukan bahasa manusia,melainkan bahasa pemrograman dalam bentuk kode atau bahasa mesin.

Definisi Coding

Coding adalah suatu tindakan atau kegiatan yang berisi langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip yang berisi huruf, angka, dan simbol, yang membentuk sebuah program komputer. Program disini bisa kita sebut dengan aplikasi atau software.

Tujuan Coding

Tujuan dari Coding adalah untuk melaksanakan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah dengan langkah-langkah yang dilakukan seorang Programmer kepada komputer dengan metode penggunaan bahasa komunikasi mesin.

Fungsi Coding

Coding menjadi pekerjaaan masa depan yang menjanjikan. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan seorang yang ahli di bidang coding dan akan mendapatkan upah yang tinggi. Pekerjaannya seperti membuat website, aplikasi atau bisnis E- Commerce.

- Coding Menciptakan sesuatu yang berguna bagi Dunia. Coding bisa membuat suatu aplikasi yang bertujuan membantu dan memberi kemudahan untuk orang banyak. Seiring dengan kemajuan zaman, tentunya orang-orang akan berinovasi di bagian Sistem Informasi ini.

Manfaat Coding

- Malatih Kesabaran. Membuat Coding bukan hal yang mudah sebab kita akan membuat kode satu per satu, mulai dari  huruf, angka dan simbol. Sifat tidak sabaran malah akan membuat Coding kita tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Melatih Ketelitian. Membuat Coding juga membutuhkan ketelitian yang tinggi. Apabila kita salah satu huruf saja, maka hasilnya tidak akan ditemukan. Seperti contohnya program akan mengalami error saat hendak dijalankan atau di build. Walaupun hanya salah pada bagian kecil seperti lupa memasukkan tanda (;).

- Mengembangkan Daya berpikir logis. Saat membuat program kita dituntut memahami struktur Algoritma pemrograman yang berlaku di dalamnya. Yang kita ketahui algoritma merupakan langkah-langkah (logis) yang tersusun untuk memecahkan suatu masalah. Dengan algoritma yang tidak sesuai maka aplikasi akan mengalami error dan tidak berjalan sesuai harapan.

Semoga membantu :)

Posting Komentar

0 Komentar