Advertise

TikTok Kini Jadi Medsos Pilihan Gen Z Yang Paling Diminati

TikTok Kini Jadi Medsos Pilihan Gen Z Yang Paling Diminati


Survei Forrester menargetkan 4.602 pengguna internet berusia 12-17 tahun di Amerika Serikat. Mereka menemukan 63% responden menggunakan TikTok setiap minggu, sedangkan 57% responden memilih Instagram. Temuan ini setidaknya juga menjadi gambaran di negara lain di mana TikTok semakin populer.

Dibandingkan dengan hasil survei di tahun sebelumnya, Instagram mengalami penurunan sebesar empat poin dari 61% di tahun 2020 menjadi 57% di tahun 2021. Sementara TikTok mengalami kenaikan sebesar 13 poin dari 50% di tahun 2020 menjadi 63% di tahun ini.

Menurut VP Research Director Forrester Mike Proulx, TikTok menjadi medsos pilihan Gen Z karena tiga faktor utama yaitu lebih menghibur.

"Kami mendengar dari anak muda Gen Z bahwa mereka melihat TikTok lebih lucu dan lebih positif dibandingkan platform media sosial lainnya," ucap Proulx, dikutip dari CNBC.

"Salah satu pembedanya yang paling kuat adalah komunitas kreator. Meski fitur dan fungsi TikTok bisa diambil oleh kompetitor, rasa kebersamaan adalah rahasia yang tidak bisa disalin ke platform media sosial lain, tidak peduli berapa banyak uang yang diberikan kompetitor sebagai 'insentif' kepada kreator konten," sambungnya.

Bulan lalu, Facebook mengumumkan akan merombak layanannya, termasuk Instagram, untuk melayani pengguna berusia muda dengan lebih baik. Zuckerberg mengatakan TikTok merupakan salah satu kompetitor paling efektif yang pernah mereka hadapi.


Posting Komentar

0 Komentar