Advertise

Alasan utama Android lebih unggul dari iOS !


Hay Sobat BlaKom !

Tampaknya sudah menjadi rahasia umum kalau smartphone Android lebih bisa dieksplorasi oleh penggunanya dibandingkan iPhone.

Perdebatan antara pengguna Android dan iOS sepertinya tidak akan pernah usai. Masing-masing sistem operasi memang memiliki keunggulan tersendiri.

Ada banyak aspek yang bisa digunakan sebagai pembanding untuk menentukan mana sistem operasi yang terbaik. Mulai dari kamera, dukungan aplikasi, hingga harga jualnya di pasaran.

Di samping itu, Sejauh ini iOS memang dianggap lebih baik dalam hal keamanan data serta dukungan sistem yang rapi. Sementara Android dianggap lebih baik karena cenderung punya harga yang lebih terjangkau namun menyediakan fitur yang jauh lebih beragam.

Berikut beberapa alasan utama Android lebih unggul dari iOS !

1) Kustomisasi
Ketika berbicara mengenai kustomisasi, di atas kertas Android menang jauh. Android memperbolehkan penggunanya untuk menggunakan launcher pihak ketiga lain yang ada di Play Store. Semuanya bisa dikustomisasi sesuka hati, termasuk dengan widget yang ingin ditampilkan di beranda dan aplikasi default apa yang ingin digunakan.

Sementara iOS, tidak seperti itu dengan membatasi pengguna untuk mengkustomisasi UI-nya. Widget-pun hanya bisa ditempatkan di tempat yang telah ditetapkan. Dan juga, pengguna tidak dapat memilih aplikasi ‘non-Apple’ seperti Google Maps atau Chrome sebagai aplikasi default.

2) Variasi
Google memang memiliki beberapa perangkat buatan sendiri. Namun tidak seperti iOS, Android tidak diwajibkan untuk hanya ada di perangkat buatan sendiri itu. Android lebih dibuat sebagai sistem operasi open-source dengan beragam pilihan produk seperti yang datang dari Asus, Huawei, Samsung, Sony, LG, OnePlus dan banyak lagi.

Sementara iOS, hanya dikhususkan untuk perangkat Apple, sehingga variasi smartphone atau perangkat yang dihadirkan tidaklah banyak. Dalam setahun saja, Apple hanya merilis setidaknya dua atau tiga smartphone baru. Sedangkan Android, bisa merilis ratusan hingga ribuan dalam periode yang sama.

3) Integrasi Google
Apple merupakan perusahaan yang lebih mengutamakan perangkat. Software dan layanan lain, berada di garis belakang dan sedikit diabaikan. Bahkan, Apple sejauh ini tidak memiliki layanan email seperti Gmail atau layanan streaming video seperti YouTube. Apple dan iOS selalu bergantung kepada layanan pihak ketiga, sehingga tidak ada integrasi layanan yang baik didalamnya.

Di sisi lain, Android mendapatkan dukungan langsung dari pengembangnya yaitu Google, dengan menghadirkan layanan seperti YouTube, Gmail, Drive dan Google Assistant yang diintegrasikan dengan sangat baik. Pengguna hanya perlu masuk ke dalam satu akun saja dan setiap aplikasi berbasis Google, bisa dijalankan dengan mudah tanpa login berkali-kali.

4) Batas Unduhan
Rupanya, iOS tidak hanya membatasi pengguna dalam hal kustomisasi saja, namun juga dalam hal mengunduh aplikasi. Per November 2017, Apple memberlakukan pembatasan terhadap unduhan aplikasi melalui jaringan seluler, yang mana jika aplikasi yang akan diunduh memiliki ukuran 150MB atau lebih, maka iOS tidak akan mengunduhnya kecuali menggunakan jaringan nirkabel.

Sebaliknya, Android membebaskan penggunanya untuk mengunduh aplikasi dengan ukuran sebesar apapun, melalui jaringan seluler. Dan kalaupun pada akhirnya Android membatasi pengguna untuk mengunduh aplikasi dengan jaringan seluler, pengguna selalu memiliki kebebasan untuk masuk pengaturan dan menonaktifkan pembatasan itu.

5) Gaming
Di sektor gaming, Android sangatlah mendukung lewat banyak cara. Beberapa di antaranya termasuk aplikasi Steam Link untuk bermain game Steam di Android, NVIDIA Shield TV – konsol berbasis Android dengan layar built-in dan kehadiran sejumlah smartphone gaming seperti Razer Phone, Asus ROG Phone dan Xiaomi Black Shark.

Sementara itu di kubu sebelah yaitu iOS, tidak ada yang bisa diunggulkan selain spesifikasi iPhone yang mumpuni untuk memainkan berbagai game dari App Store yang jumlahnya tidak sebanyak Play Store. Singkatnya, iOS bukanlah sistem operasi yang sepenuhnya mendukung untuk aktivitas seperti gaming.

Posting Komentar

0 Komentar