Advertise

bapak komputer

hai sahabat blakom!

Tau kah anda siapa bapak computer
banyak orang bahkan saya sendiri menduga-duga bahwa yang layak disebut sebagai Bapak Komputer adalah produsen komputer tersohor bernama Steve Jobs atau Bill Gates? Mark Zuckerberg? Jack Ma?

Ternyata pendapat kita selama ini salah  karna bukan merekalah bapak computer sebenarnya.jadi siapakah bapak computer.
berikut sahabat blakom sudah merangkum bapak computer yang sebenarnya

1.Kalkulator

 Ternyata saya total keliru sebab menurut para sejarawan komputer, sang penemu peralatan yang disebut sebagai komputer adalah seorang polymath warga kerajaan Inggris bernama Charles Babbage. Tahun 1822, Babbage mengembangkan sebuah kalkulator mekanikal dengan gudang ingatan sederhana bernama Difference Engine.

 Komputer primitif itu menggunakan sistem punched cards sebagai narasumber instruksi kepada mesin kalkulator yang pada masa itu masih digerakkan oleh tenaga uap. (Saya pertama mengenal teknologi punched cards dari mesin musik yang menggunakan kartu berlubang-lubang). Kemudian Babbage mengembangkan kalkulator dengan gudang memori, sistem kontrol dilengkapi unit aritmatika dan logika lebih keren yang kemudian diberi nama Analytical Engine.

Akibat kontribusi jasa sebagai landasan teknologi komputer, Charles Babbage kerap dianggap sebagai Bapak Komputer. Meski banyak pula sejarawan komputer meyakini bahwa yang lebih berhak disebut sebagai Bapak Komputer adalah Alan Turing dengan gagasan cemerlang mempercepat arus lalu-lintas informasi berbasis 1 dan 2 yang memang merupakan sifat dasar komputer.

2.Kartu berlubang

Sukma mesin ajaib mahakarya Charles Babbage utama terletak pada apa yang disebut sebagai punched cards dalam bentuk kartu berlubang-lubang. Sementara pemegang hak paten atas sistem punched cards bukan Charles Babbage tetapi Joseph Marie Charles yang lebih dikenal dengan nama panggilan Jacquard.

Putra terbaik Prancis kelahiran Lyon tahun 1752 tersebut tahun 1801 berhasil membuat sebuah konstruksi mesin penyulam dengan benang sutra yang menggunakan punched cards demi lebih cepat dan akurat memproduksi sulaman dengan pola yang diinginkan Sistem kartu berlubang mahakarya Joseph Marie Jacquard kemudian digunakan untuk mesin produksi tekstil secara massal yang ikut menggerakkan Revolusi Industri di Eropa kemudian merambah ke seluruh dunia sampai masa kini.

 Sistem kartu berlubang berbasis dualisme lubang dan tidak-lubang gagasan Joseph Maries Jacquard kemudian diadaptasi oleh Charles Babbage untuk memproduksi kalkulator tenaga uap sebagai pelopor metode programming komputer tenaga listrik termasuk laptop yang saya gunakan untuk menulis serta mengirimkan naskah yang sedang anda baca ini ke redaksi media yang berkenan memuatnya.

Jangan lupa bahwa segenap arus lalu-lintas informasi serba cepat dan akurat di masa kini juga hanya bisa terlaksana berkat sistem kartu berlubang gagasan Joseph Marie Charles yang lebih dikenal dengan nama panggilan Jacquard itu.



 

Posting Komentar

0 Komentar