Advertise

Ini Dia Tips Hemat Baterai HP Saat Dipakai untuk WiFi Tethering!

Ini Dia Tips Hemat Baterai HP Saat Dipakai untuk WiFi Tethering! 


Mengakses internet tidak seterusnya mengandalkan jaringan WiFi. Terdapat alternatif lain yang bisa digunakan, salah satunya adalah menggunakan fitur hotspot atau WiFi tethering dengan ponsel. Mobile Hotspot atau tethering merupakan cara praktis pengguna untuk saling berbagi koneksi internet melalui ponsel. 

Fitur hotspot dapat diaktifkan pada pengguna Android maupun iPhone dengan sangat mudah. Namun, menggunakan hotspot atau tethering tentu memiliki efek boros pada baterai ponsel, terlebih lagi jika penggunaan terlalu lama dan sering. Dampak baterai ponsel yang boros tentu dapat memengaruhi performa ponsel.

Untuk mengatasi hal ini, berikut KompasTekno rangkum tips menghemat baterai hp saat tetthering atau digunakan sebagai mobile hotspot. 

1. Mematikan Fitur WiFi 

Jika Anda sudah terhubung dengan mobile hotspot, tak perlu lagi menyalakan fitur WiFi. Hal ini akan membuat ponsel Anda menghabiskan banyak daya. Fitur WiFi yang menyala akan membuat ponsel terus mencari jaringan WiFi yang tersedia.

2. Matikan GPS Sama seperti jaringan WiFi, terkadang fitur GPS akan terus menyala di ponsel. 

Saat anda tethering atau terhubung dengan hotspot, cek apakah fitur GPS menyala atau tidak. Jika GPD masih menyala, sebaiknya segera matikan fitur tersebut agar penggunaan baterai tidak semakin boros. Untuk mematikan fitur ini cukup mudah sekali. 

3. Sesuaikan kecerahan layar 

Tips hemat baterai saat digunakan menjadi hotspot selanjutnya adalah menyesuaikan kecerahan atau brightness layar ponsel.

Untuk menyesuaikannya kecerahan ini, pengguna iPhone bisa masuk ke Settings > Display & Brightness. Sementara bagi pengguna perangkat Android, atur setting kecerahan pada Settings > Display > Brightness level.

4. Matikan push notification 

Apa itu push notification? push notification dapat diartikan sebagai pemberitahuan atau notifikasi yang berasal dari aplikasi yang terinstall di HP. Saat notifikasi ini muncul, biasanya bersamaan dengan suara notifikasi dan layar ponsel yang menyala.

saat tethering atau menggunakan hotspot, sebaiknya matikan notifikasi tersebut, atau jika tidak memungkinkan Anda dapat mengubah menjadi mode “Do Not Disturb/Jangan Ganggu”

5. Atur kunci layar 

Atur waktu kunci layar (lockscreen) ponsel agar mati dalam waktu singkat, jika ponsel sudah tidak digunakan. Hal tersebut dapat membantu memaksimalkan daya baterai ponsel pasaat digunakan untuk tethering atau mobile hotspot.

Posting Komentar

0 Komentar