Advertise

Uji coba fitur WhatsApp, pengguna bisa kirim uang !

 

Aplikasi perpesanan populer whatsapp akan melakukan uji coba fitur mereka kali ini dengan melakukan uji coba pembayaran menggunakan dompet digital untuk sebagian kecil pengguna di Amerika Serikat. 

Pasalnya, fitur tersebut masih dalam proses pengembangan yang membutuhkan saran dari para pengguna sebelum bisa diakses secara global.

Nantinya, untuk bisa mengirim USDP, pengguna harus menautkan akun bank miliknya. Selanjutnya, pengguna bisa mengakses fitur pembayaran kripto bisa di dalam ruang obrolan WhatsApp.

Selain belum mengakomodir mata uang kripto populer, fitur pembayaran kripto di WhatsApp ini masih berupa program pilot alias program percontohan.

"Kami memutuskan untuk menguji program pilot (fitur pembayaran kripto) di satu negara sebagai permulaan. Kami akan memperluasnya setelah kami mendengar pendapat orang-orang tentang pengalaman baru ini," tulis Pemimpin Novi, unit FinTech Meta, Stephane Kasriel dalam akun Twitter pribadinya.

Stephane Kasriel menambahkan proyek Novi masih dalam tahap awal. Pihaknya akan memutuskan akan mengembangkan layanan ini ke negara lain atau tidak setelah mendapatkan masukan dari pengguna. 

"Menggunakan Novi tidak mengubah privasi perpesanan atau telepon WhatsApp di mana selalu menggunakan end-to-end enkripsi," terangnya.

Menurut website resmi Novi, fitur ini dapat diakses melalui ikon klip kertas di Android atau ikon + di iOS. Pengguna dapat memilih opsi “Payment” dari menu yang muncul.

Semua bentuk transaksi tidak dikenakan biaya untuk mengirim atau menerima uang, tidak ada batasan seberapa sering pembayaran dapat dikirim, dan tidak ada biaya untuk menyimpan saldo di akun Novi atau untuk menariknya ke rekening bank. Pembayaran akan ditransfer secara cepat dan instan.

Fitur Novi ini awalnya tersedia di AS dan Guatemala, tetapi pengguna di Guatemala tidak akan dapat mengakses fungsi pembayaran WhatsApp yang baru.

Sebagai gantinya, mereka harus terus menggunakan aplikasi Novi secara terpisah untuk melakukan transaksi. Pembayaran tidak memengaruhi enkripsi WhatsApp, yang diterapkan secara default untuk semua percakapan pribadi. Fitur WhatsApp Novi tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

Untuk mempermudah pengguna, maka aplikasi Novi akan terintegrasi dengan semua platform sosial media naungan Meta. Berbeda dengan dompet digital lainnya, Novi memberikan kemudahan para pengguna untuk melakukan transaksi via chat.

Bahkan kepala unit Fintech Novi, David Marcus mengatakan perusahaan Meta juga akan menyatukan unit pembayaran dan layanan keuangan dan produknya.

"Beberapa produk bermerek Facebook Pay, beberapa tidak ada merek, dan dompet kami beroperasi di bawah merek Novi. Jadi seiring berjalannya waktu, kami akan menyatukan semua pengalaman pembayaran dan layanan keuangan yang ada dan akan datang di bawah merek Novi," ujar Marcus mengutip dari Gadgets NDTV.

Posting Komentar

0 Komentar