Advertise

Istilah AR dan VR, apa itu?

Hay Sobat BlaKom ! 

Siapa sih yang ga kenal teknologi VR dan AR sekarang ini? Mulai dari game, IG Story, sampai maps di konser-konser bahkan sempat pakai teknologi ini. 

Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi yang dapat memunculkan objek digital di dunia nyata. Dengan teknologi ini, kita dapat secara langsung melihat objek digital dengan bantuan media seperti handphone/tablet dalam implementasinya.

Sedangkan Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang memiliki fitur dengan AR. Tetapi, yang menjadi pembedanya adalah VR membuat kita masuk ke dunia digital sehingga kita dapat langsung merasakan suasana di dunia digital tersebut dan berinteraksi dengannya.

AR memberi kita kesempatan untuk dapat merasakan objek digital muncul ke dunia nyata. Namun, hal tersebut tidak dapat terjadi tanpa bantuan media seperti handphone/tablet yang disematkan aplikasi khusus untuk menghadirkan pengalaman dari teknologi AR.

Untuk meletakan bidang tersebut dibutuhkan sebuah Penanda sebagai penanda tertentu agar objek tersebut dapat diletakkan sesuai dengan posisi penanda itu berada.

Sedangkan VR bekerja dengan menggunakan headset VR seperti Oculust Quest dan HTC VIVE sebagai media untuk merealisasikan teknologi tersebut.

Teknologi ini pengalaman yang berbeda agar kita dapat masuk ke dunia digital dan berinteraksi dengan objek di dalamnya seperti menyentuh, memindahkan, berjalan, berlari, dll

VR dibuat untuk memberikan sebuah perlindungan terhadap otak manusia seolah-olah mereka dapat melihat semua objek digital yang mereka lihat di sekeliling mereka.

Tujuan dari AR dan VR secara umum memang sama, namun secara teorii, virtual Reality menghadirkan user dalam dunia virtual, yang membuat anda sebagai user seolah-olah berada di tempat lain. Sedangkan Augmented Reality secara teori adalah menghadirkan efek virtual dalam dunia sesungguhnya. 

Contoh sederhananya adalah virtual reality dapat menghadirkan anda dalam tempat lain dalam sekejap, tentunya dengan memakai headset VR. Sedangkan Augmented Reality dapat menghadirkan efek visual yang Anda dapat lihat melalui ponsel yang sudah terinstall aplikasi pendukung AR, contohnya adalah game Pokemon GO yang dapat menampilkan pokemon melalui kamera belakang ponsel anda. 

Dalam VR maupun AR, keduanya tidaklah menjatuhkan sama lain, bahkan saling terkait untuk mewujudkan berbagai keinginan user. Salah satu contoh penggabungan kedua teknologi ini adalah Microsoft hololens dan HTC Vive, atau perangkat virtual reality apapun yang menambahkan console untuk menambah sensasi atau pengalaman user terasa lebih nyata.

Posting Komentar

0 Komentar