Advertise

Perbandingan Samsung Galaxy S21 FE dan S20 FE

Hay Sobat BlaKom ! 

Galaxy S21 FE menjadi suksesor dari Galaxy S20 FE yang telah terlebih dahulu diluncurkan pada 2020 silam. Keduanya sama-sama diposisikan sebagai varian terjangkau dari masing-masing lini. Lantas apa perbedaan keduanya? Seberapa jauh keunggulan Galaxy S21 FE dibanding Galaxy S20 FE sebagai yang paling baru?

1. Spesifikasi dan performa

Spesifikasi jadi bagian paling signifikan untuk perbedaan dari keduanya. Galaxy S21 FE sebagai yang terbaru, ditenagai oleh Snapdragon 888/Exynos 2100, sementara Galaxy S20 FE hanya ditenagai oleh Snapdragon 865/Exynos 990. Diatas kertas, Galaxy S21 FE tentu punya performa lebih baik dengan mendapat skor 3,199 di benchmark Geekbench 5, sementara Galaxy S20 FE hanya mampu meraih skor 2,928.

Meski chipsetnya berbeda, keduanya sama-sama dilengkapi dengan dua opsi RAM dan penyimpanan internal yaitu 6/8GB dan 128/256GB. Namun bedanya, Galaxy S20 FE menawarkan dukungan untuk memperluas kapasitas penyimpanan via kartu microSD, sementara Galaxy S21 FE tidak hadir dengan dukungan ekspansi semacam itu.

2. Desain

Sulit untuk membedakan Galaxy S21 dan Galaxy S20 FE jika melihatnya dari depan mengingat keduanya sama-sama menggunakan punch-hole untuk kamera depan yang diletakkan di tengah atas. Perbedaan baru bisa dirasakan ketika melihatnya dari bagian depan, di mana Galaxy S21 FE mengusung modul kamera anyar yang menyatu dengan pinggiran body, sama seperti yang Samsung lakukan terhadap Galaxy S21 biasa.

Keduanya masih sama-sama menggunakan body belakang berbahan plastik untuk menekan harga agar lebih murah, namun Galaxy S21 FE sedikit lebih ringan karena punya dimensi yang lebih kecil. Selain itu, Galaxy S21 FE juga hanya memiliki empat pilihan warna yaitu black, white, olive green dan lavender, dibanding Galaxy S20 FE yang punya empat pilihan warna yaitu navy, lavender, mint, red, white dan orange.

3. Layar

Selain desain, bagian layar Galaxy S21 FE dan Galaxy S20 FE juga tidak memiliki perbedaan yang begitu signifikan. Galaxy S21 FE punya ukuran layar sedikit lebih kecil di 6,4 inci, dibanding Galaxy S20 FE yang punya layar 6,5 inci. Keduanya sama-sama menggunakan panel AMOLED (Dynamic AMOLED 2x untuk S21 FE dan Super AMOLED untuk S20 FE) dan telah mendukung refresh rate 120Hz serta HDR10+.

Meskipun begitu, layar Galaxy S21 FE tetap mendapat peningkatan terutama di sisi proteksi dan tingkat kecerahan. Layar Galaxy S21 FE telah diproteksi Gorilla Glass Victus yang notabene jauh lebih tahan goresan dibanding Gorilla Glass 3 yang memproteksi Galaxy S20 FE. Selain itu, rata-rata tingkat kecerahan yang bisa dicapai Galaxy S21 FE berada di angka 700 nits, sementara Galaxy S20 FE hanya bisa mencapai 679 nits saja.

4. Kamera

Kamera dari Galaxy S21 FE dan Galaxy S20 FE secara garis besar mirip, setidaknya jika dilihat dari spesifikasinya. Di bagian belakang, keduanya memiliki tiga kamera yang masing-masing adalah kamera utama 12MP, ultrawide 12MP dan telephoto 8MP dengan kemampuan 3x optical zoom. Untuk bagian depan, keduanya juga sama-sama menggunakan kamera selfie berkekuatan 32MP.

Perbedaan baru terlihat dari segi software di mana Galaxy S21 FE mendapat peningkatan Night Mode untuk pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya, dukungan untuk merekam menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan, serta hadirnya fitur Zoom Lock untuk pengambilan foto menggunakan kamera telephoto yang lebih stabil.

5. Baterai

Sama seperti kameranya, baik Galaxy S21 FE dan Galaxy S20 FE sama-sama memiliki baterai dengan kapasitas yang mirip dan dukungan fast-charging yang dapat dikatakan “kembar”. Galaxy S21 FE dan Galaxy S20 FE sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas 4,500mAh yang telah mendukung fast-charging 25W (diklaim bisa isi daya dari 0-50 persen dalam 30 menit saja) dan wireless charging 10W.

Namun di antara keduanya, hanya Galaxy S20 FE yang menyertakan kepala charger (meski hanya kepala charger 15W) di dalam paket pembelian. Seperti banyak flagship saat ini, Galaxy S21 FE tidak menyertakan kepala charger sehingga pengguna harus membelinya secara terpisah. Meski punya baterai dengan kapasitas sama, Galaxy S21 FE harusnya lebih tahan lama daripada Galaxy S20 FE karena optimalisasi yang lebih baik.

6. Software

Ketika dirilis pada akhir 2020 silam, Galaxy S20 FE hadir dengan Android 10 (dalam bentuk One UI 2) dan kini telah mendapatkan upgrade ke Android 11. Galaxy S21 FE di sisi lain, langsung tiba dengan Android 12 dalam bentuk One UI 4. Itu artinya, Galaxy S21 FE telah mendapatkan fitur-fitur menarik yang ada di Android 12 seperti widget dengan desain baru, fitur privasi yang lebih baik dan dukungan kustomisasi lebih mendalam.

Samsung sendiri mengkonfirmasi akan segera meluncurkan pembaruan Android 12 dalam waktu dekat untuk Galaxy S20 FE. Namun, Android 12 kemungkinan akan jadi pembaruan OS terakhir untuk Galaxy S20 FE. Sementara Galaxy S21 FE, setidaknya masih akan mendapat pembaruan OS hingga dua kali yaitu Android 13 dan Android 14.

Posting Komentar

0 Komentar