Advertise

fitur tersembunyi iphone



hai sahabat blakom!

Berbicara soal iPhone tidak hanya menarik dari segi performanya, melainkan juga fitur yang tersedia. iPhone sebenarnya punya beragam fitur yang menarik untuk dicoba, namun tak jarang pengguna mengetahuinya. iPhone dibekali banyak fitur yang memudahkan pengguna dalam beraktivitas.

Misalnya, iPhone punya fitur yang memungkinkan pengguna mengubah kamera jadi layaknya kaca pembesar. Selain itu, iPhone juga punya fitur yang mampu membuatnya seolah menjadi alat pengukur atau meteran. Fitur iPhone tersebut mungkin jarang diketahui oleh pengguna, padahal menarik untuk dicoba.

1. Mengubah iPhone jadi kaca pembesar

Kamera iPhone bisa dibuat seolah jadi kaca pembesar dengan memanfaatkan fitur Magnifier. Fitur iPhone ini memungkinkan pengguna melihat objek atau benda yang berukuran kecil secara lebih jelas. Fitur Magnifier iPhone tidak terletak di aplikasi kamera, jadi pengguna perlu mengaktifkannya. Fitur tersembunyi ini dapat diaktifkan dengan cara sebagai berikut:

1.Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu Pengaturan

2.Kemudian, gulir ke bawah,

3. klik opsi “Aksesibilitas” Setelah itu, klik opsi “Pintasan Aksesibilitas”

4.Gulir ke bawah, lalu klik opsi “Pembesar” atau “Magnifier”. Setelah memilih opsi tersebut, iPhone Anda kini dapat berubah menjadi kaca pembesar. Fitur kaca pembesar ini dapat diakses dengan klik tombol samping atau power tiga kali untuk iPhone seri Face ID. Atau, klik tombol home tiga kali untuk iPhone seri Touch ID.

2. Mengukur benda dengan iPhone

 Kamera iPhone tidak hanya bisa jadi kaca pembesar, melainkan juga bisa jadi alat pengukur atau meteran. Fungsi tersebut bisa didapatkan pengguna dengan memanfaatkan aplikasi bawaan bernama "Meassure App" atau "Aplikasi Pengukur".

Fitur yang ada dalam Meassure App iPhone menggunakan teknologi Augmented Reality dari kamera untuk bisa mengukur panjang atau lebar dari sebuah benda. Mengukur benda lewat Meassure App bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1.Buka aplikasi Meassure App, lalu kamera bakal terbuka

2.Arahkan lingkaran kamera yang muncul dilayar pada objek, pastikan lingkungan sekitar objek yang ingin diukur memiliki pencahayaan yang cukup

3.Setelah itu, klik ikon tambah sembari menggerakkan kamera ke arah lebar atau panjang objek.

4.Aplikasi bakal memunculkan garis dengan satuan meter pada objek tersebut

5.Setelah selesai mengukur, pengguna bisa menyimpan hasil pengukurannya dengan mengetuk ikon bulat putih yang berada di samping ikon tambah.

3. Kirim ciuman lewat iPhone

Fitur tersembunyi iPhone yang berikutnya ada Digital Touch. Fitur Digital Touch iPhone memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengirim semacam stiker animasi yang ada di platform pesan instan Apple iMessage.

 Ada banyak stiker bergerak yang bisa dikirim dan dibuat pengguna melalui Digital Touch iPhone, salah satunya adalah stiker berbentuk ciuman. Fitur ini hanya bisa dilakukan pada sesama pengguna iMessage. Mengirim stiker ciuman di iPhone bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1.Buka aplikasi iMessage di iPhone, ketuk kolom obrolan

2. Lalu klik opsi "Digital Touch", ketuk menggunakan dua jari pada bidang persegi untuk membuat stiker animasi

3.Setelah itu, bakal muncul otomatis stiker bergerak dengan bentuk seperti bibir yang sedang mencium.

4. Klik ikon panah untuk mengirimkan stiker tersebut.

4. Lampu flash buat tanda notifikasi

 Lampu LED Flash atau lampu kilat tidak hanya berfungsi untuk memberikan bantuan pencahayaan pada kamera iPhone. Pengguna juga bisa mengaturnya sebagai tanda notifikasi masuk di iPhone. Biasanya, notifikasi masuk di iPhone ditandai dengan suara atau getaran. Namun, kilatan lampu Flash juga bisa dibuat sebagai tanda notifikasi masuk di iPhone, dengan cara berikut ini:

1.Buka menu Pengaturan yang dengan mengetuk ikon berbentuk seperti gerigi roda

2.Setelah masuk di Pengaturan, gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Aksesibilitas"

3.Lalu pilih opsi "Audio/Visual", yang berada di kolom "Pendengaran"

4. Gulir ke bawah, lalu geser tombol toggle "Kilat LED Peringatan" untuk mengaktifkan lampu flash sebagai peringatan notifikasi.

5. Mengubah papan ketik iPhone jadi trackpad

Sebagian pengguna mungkin sudah tidak asing dengan trackpad atau papan fisik untuk navigasi ponsel yang biasa digunakan pada smartphone lawas. iPhone juga punya fitur yang bisa mengubah papan ketik jadi trackpad virtual. Tambahan Untuk mengaktifkan fitur tersembunyi iPhone itu, pengguna tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Fitur trackpad iPhone juga bisa diakses secara otomatis tanpa perlu pengaturan khusus. Cara menggunakan fitur trackpad iPhone adalah sebagai berikut:

1.Mulai tulis teks menggunakan papan ketik iPhone

2.Saat papan ketik virtual muncul di layar, tahan dan klik tombol spasi

3. Papan ketik bakal masuk ke mode trackpad, pengguna bisa menggeser kursor ke kanan atau ke kiri dari papan ketik itu

4.Untuk keluar dari mode trackpad, pengguna hanya cukup melepaskan tombol spasi.

Fitur di atas dijajal pada iPhone 11 Pro dengan versi sistem operasi iOS 15.2. Beda model ponsel dan versi sistem operasi, mungkin bakal beda juga ketersediaan fitur dan letak opsinya. Itulah lima fitur tersembunyi iPhone, selamat mencoba.



Posting Komentar

0 Komentar