Advertise

cara mencari email lama

hai sahabat blakom!

Email atau surat elektronik menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari pengguna internet. Email umumnya digunakan untuk pekerjaan maupun syarat membuat akun media sosial. Salah satu layanan surel populer adalah Gmail.

Gmail memberikan layanan penyimpanan email sebanyak 30 GB. Hal ini memungkinkan Anda menyimpan banyak email di sana. Masalah mungkin timbul saat ingin mencari surel yang lama sebagai bahan bukti atau data pekerjaan. Ada cara mencari email lama di HP dan komputer dengan cepat yang bisa Anda coba.

Gmail memiliki banyak fitur menarik. Beberapa di antaranya, pengguna dapat mengategorikan email berdasarkan label atau memberi simbol bintang sebagai tanda surel itu penting.

Cara mencari email lama di HP dan komputer


Metode atau cara mencari email lama di HP dan komputer tidaklah berbeda. Fitur dan tampilannya pun cenderung sama.

Sejak 2020, Gmail menambahkan fitur pencarian dengan pemerincian cukup lengkap. Dengan begitu, seseorang dapat menemukan email lama secara mudah.

Beberapa fitur yang tersedia, di antaranya:

Dari (From)
Anda dapat mempersempit pencarian email lama berdasarkan siapa yang mengirim surel tersebut. Cukup ketik nama atau alamat email yang dituju.

Kepada (To)
Fungsi dan cara penggunaannya sama dengan fitur pertama. Hanya saja, fitur kepada atau to untuk mencari email lama yang Anda kirim ke orang lain.

Lampiran (Has attachment)
Dengan ini, Anda dapat mencari email lama yang memiliki lampiran berupa dokumen, slide, sheet, gambar, PDF, maupun video.

Tanggal (Any time)
Pencarian email lama bisa Anda bisa disesuaikan dengan fitur tanggal yang memberikan opsi lebih dari seminggu, lebih dari sebulan, lebih dari 6 bulan, lebih dari setahun, atau mengatur rentang waktu khusus.

Fitur-fitur lainnya yakni 'belum dibaca' untuk email yang belum Anda buka, 'Kecualikan pembaruan kalender', dan lain-lain.

Cara mencari email lama di HP

1.Buka Gmail;
2.Klik 'Telusuri dalam email' di bagian atas halaman Gmail;
3.Ketik kata kunci yang terdapat di email lama;
4.Lalu tekan antara 'Dari', 'Kepada', atau yang lainnya untuk mempersempit pencarian.

Cara mencari email lama di labtop
1.Buka Gmail;
2,Klik 'Search mail' di bagian atas halaman;
3.Ketik kata kunci untuk mencari email lama;
4.Tambahkan fitur khusus 'from', 'to', atau yang lainnya agar hasil lebih spesifik.


Posting Komentar

0 Komentar