Advertise

Cara screenshot di Windows 10 dan Windows 11

Hay Sobat BlaKom ! 

Mungkin Anda ingin menyimpan tanda terima online, atau mungkin Anda ingin menangkap prestasi game yang sangat penting untuk dipamerkan kepada teman-teman Anda. Windows 10 dan 11 menawarkan alat bawaan yang sama (Snip & Sketch dan Snipping Tool), dan beberapa pintasan keyboard memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dalam sekejap. 

Di sini, kami akan memandu Anda melalui cara menggunakan alat tangkapan layar Windows bawaan dan pintasan lainnya untuk mengambil tangkapan layar di Windows 10 dan Windows 11, sehingga Anda dapat memutuskan mana yang paling Anda sukai. 

Plus, berikut adalah tips dan trik Windows 10 teratas lainnya , cara menggunakan semua fitur baru di Windows 11  dan apa yang perlu Anda ketahui tentang meningkatkan dari Windows 10 ke Windows 11 .

Potongan & Sketsa

Alat Snip & Sketsa lebih mudah untuk mengakses, membagikan, dan memberi anotasi pada tangkapan layar daripada Alat Snipping yang lama. Dan sekarang dapat menangkap tangkapan layar dari jendela di desktop Anda, kelalaian yang mengejutkan saat aplikasi pertama kali diperkenalkan yang membuat kami tetap menggunakan Alat Pemotong Tim hingga saat ini. 

Cara termudah untuk memanggil Snip & Sketch adalah dengan pintasan keyboard tombol  Windows + Shift + S . Anda juga dapat menemukan alat Snip & Sketsa yang tercantum dalam daftar aplikasi menurut abjad yang diakses dari tombol Mulai serta di panel notifikasi yang mencantumkannya sebagai Cuplikan layar . Atau Anda bisa mencarinya jika Anda tidak memasukkan pintasan keyboard ke memori. (Jika Anda sering mengambil tangkapan layar, sebaiknya sematkan aplikasi ke bilah tugas.)

Pintasan keyboard atau tombol notifikasi akan meredupkan layar dan membuka menu kecil di bagian atas layar yang memungkinkan Anda memilih jenis tangkapan layar yang ingin diambil -- persegi panjang, bentuk bebas, jendela, atau layar penuh. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, itu akan disimpan ke clipboard Anda dan muncul sebentar sebagai pemberitahuan di sudut kanan bawah layar Anda. Klik notifikasi untuk membuka tangkapan layar di aplikasi Snip & Sketch untuk memberi anotasi, menyimpan, atau membagikannya. (Jika Anda melewatkan notifikasi, buka panel notifikasi dan Anda akan melihatnya duduk di sana.

Jika Anda membuka Snip & Sketch dari menu Start atau dengan mencarinya, jendela Snip & Sketch akan terbuka, bukan panel kecil di bagian atas layar. Dari sini, Anda perlu mengklik tombol Baru di kiri atas untuk memulai tangkapan layar dan membuka panel kecil. Ini adalah langkah ekstra untuk melanjutkan dengan cara ini, tetapi juga memungkinkan Anda menunda tangkapan layar. Klik tombol panah bawah di sebelah tombol Baru untuk menunda snip selama 3 atau 10 detik.

Alat pemotong

Alat Snipping telah ada sejak Windows Vista. Windows telah memperingatkan selama beberapa tahun bahwa Snipping Tool akan dipindahkan, tetapi masih digunakan, termasuk di Windows 11. Snipping Tool telah dihapus dari daftar aplikasi dari menu Start, tetapi mudah diakses melalui bilah pencarian . 

Klik  tombol New  untuk memulai proses screenshot. Jenis snip default adalah snip persegi panjang, tetapi Anda juga dapat mengambil snip dalam bentuk bebas, layar penuh, dan jendela.

Snipping Tool tidak secara otomatis menyimpan tangkapan layar Anda -- Anda harus menyimpannya secara manual di alat sebelum Anda keluar -- dan itu secara otomatis menyalin tangkapan Anda ke clipboard.

Layar Cetak

Untuk menangkap seluruh layar Anda, ketuk tombol Print Screen (terkadang berlabel  PrtScn ). Tangkapan layar Anda tidak akan disimpan sebagai file, tetapi akan disalin ke papan klip. Anda harus membuka alat pengeditan gambar (seperti Microsoft Paint), menempelkan tangkapan layar di editor dan menyimpan file dari sana. 

Anda juga dapat mengatur tombol PrtScn untuk membuka alat Snip & Sketsa dengan masuk ke  Pengaturan > Kemudahan Akses > Papan Ketik  dan beralih ke Gunakan tombol PrtScn untuk membuka potongan layar di bawah Pintasan Layar Cetak.

Posting Komentar

0 Komentar