Advertise

Domain TLD, ini manfaatnya untuk Bisnis anda

 

Hay Sobat BlaKom ! 

Salah satu bagian domain yang sangat penting dan perlu Anda ketahui adalah domain TLD atau domain tingkat atas. Domain TLD sendiri terletak pada bagian akhir dari sebuah domain. Top level domain ini adalah bagian dari domain yang akan menjadi identitas atau fungsi dari website tersebut. 

Fungsi yang dimaksud adalah seperti dari negara mana atau di negara mana Anda ingin situs web bisnis Anda digunakan oleh pengguna pengguna internet, apakah situs web Anda termasuk situs web milik umum atau suatu lembaga tertentu seperti pemerintah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saat ini domain TLD diatur oleh ICANN atau The Internet Corporation for Assigned Names and Number sesuai dengan fungsi dari masing-masing situs web dan domain TLD yang mereka gunakan.

Domain TLD secara umum terbagi menjadi 3 golongan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah 3 golongannya yang perlu Anda ketahui. 


Domain Tingkat Atas Generik

Golongan domain TLD yang pertama adalah Generic Top Level Domain atau gTLD. Golongan ini adalah golongan yang paling banyak digunakan untuk situs web bisnis mereka. Beberapa jenis gTLD yang sering digunakan orang-orang adalah sebagai berikut :

.com untuk situs web yang bersifat umum, dan yang paling sering digunakan orang-orang

.org untuk suatu organisasi tertentu

.net untuk jaringan

.info untuk suatu website yang menghadirkan info-info bacaan bagi penggunanya seperti berita dan yang lainnya

.biz untuk bisnis situs web


Country Code Top Level Domain

Jenis berikutnya adalah Country Code Top Level Domain yang digunakan untuk menunjukan negara untuk website bisnis Anda. Kode yang digunakan juga berasal dari kode ISO untuk suatu negara. Berikut ini adalah beberapa contoh kode negara yang dimaksud dan negara yang dituju

.id : Indonesia

.di India

.us : Amerika Serikat

.jp : Jepang

.es : Spanyol

.ru : Rusia

.nl : Belanda

.ca : Kanada

.fr : Perancis

.de : Jerman

.br : Brasil

Menggunakan domain TLD yang tepat untuk situs web bisnis Anda dapat membantu pengguna atau pengguna internet untuk mengetahui beberapa informasi dari situs web bisnis Anda. Informasi tersebut seperti apa tujuan dari situs web bisnis Anda dan juga lokasi bisnis Anda.

Posting Komentar

0 Komentar