Advertise

Ini Dia Cara Memperbaiki SD Card Yang Tidak Terbaca Tanpa Perlu Format !

Ini Dia Cara Memperbaiki SD Card Yang Tidak Terbaca Tanpa Perlu Format !


Kehadiran dari memori eksternal Secure Digital Card (SD Card) menjadi barang yang begitu dibutuhkan. Meski kini kebanyakan ponsel maupun perangkat elektronik sudah memiliki memori internal yang besar, namun tetap saja SD Card tak bisa disepelekan. Berikut cara memperbaiki SD Card tidak terbaca tanpa format.

1. Bersihkan SD Card

Beberapa penyebab SD Card tidak terbaca salah satu alasan biasanya karena kotor. Untuk itu yang harus kamu coba pertama kali adalah dengan cara membersihkan SD Card tersebut. Bersihkan pada bagian lempengan tembaga yang berada di ujung SD Card dengan kain halus atau kapas sampai bersih.

2. Coba pasang SD Card di perangkat lain

Sering kali kita tak menyadari jika ternyata ada beberapa jenis SD Card yang tidak sesuai dengan ponsel yang kamu miliki. Saat mendapati SD Card tidak terbaca pada ponsel baru, kamu bisa mencobanya dengan ponsel lainnya.

Jika ternyata bisa terbaca, maka kamu bisa mencari tahu jenis SD Card apa yang sesuai dengan perangkat elektronik yang kamu miliki. Terkadang terlalu besar kapasitas dari SD Card juga bisa menjadi penyebab tidak terbacanya SD Card tersebut.

3. Memperbaiki SD Card melalui PC atau komputer

Memperbaiki SD Card melalui PC atau komputer menjadi cara memperbaiki SD Card tidak terbaca tanpa format. Berikutnya yang bisa kamu lakukan jika dua cara di atas masih belum berhasil untuk mengembalikan fungsi dari SD Card milik kamu.
  • Masukkan SD Card dengan perantara card reader pada PC atau komputer kamu
  • Buka Windows Explorer, pilih File Explorer
  • Setelah itu, klik kanan pada Drive kartu memori dan kemudian pilih bagian Properties
  • Kemudian yang harus kamu lakukan adalah memilih bagian Tools dan klik pada bagian kolom Check Now
  • Ceklis pada kolom yang terdapat tulisan automatically fix systems errors
  • Lalu scan for and attempt recovery of bad sector
  • Klik start dan tunggu hingga proses tersebut selesai.



Posting Komentar

0 Komentar