Advertise

Instagram Kembali Merilis Fitur Baru, Fitur Pengawasan Akun Anak untuk Orang Tua

Instagram Kembali Merilis Fitur Baru, Fitur Pengawasan Akun Anak untuk Orang Tua


Instagram telah merilis fitur baru yakni fitur pengawasan orang tua yang dapat digunakan untuk memantau akun siapa saja yang di-follow anak. Bos Instagram Adam Mosseri menyebut fitur ini memberi orang tua atau pengasuh ruang untuk lebih terlibat dalam pengalaman online putra-putrinya.

"Hari ini, kami memperkenalkan alat pengawasan baru di Instagram dan peluncuran Family Center kami - tempat baru bagi orang tua/wali untuk lebih terlibat dalam pengalaman online anak-anak mereka," katanya dalam sebuah cuitan, Rabu (16/3).

Fitur ini memiliki berbagai macam fungsi yang bisa digunakan orang tua untuk mengawasai aktivitas online anak-anaknya. Fungsi tersebut di antaranya melihat dan mengatur batas waktu yang dihabiskan anak di Instagram, mendapat pemberitahuan akun yang diikuti dan mengikuti anak, bahkan menerima notifikasi ketika anak melaporkan pengguna lain.

Fitur pengawasan orang tua sendiri diperkenalkan setelah media sosial milik Meta ini mendapat 'serangan' karena diduga memberi dampak buruk pada pengguna usia muda.

Dilansir dari The Verge, untuk saat ini fitur pengawasan orang tua perlu diaktifkan dari perangkat yang digunakan anak. Namun pada Juni mendatang Instagram akan membuat fitur ini dapat diaktifkan dari perangkat orang tua atau pengasuh, meski tetap perlu diizinkan akun anak.

Instagram menyebut sejumlah fitur lain seperti batasan waktu bermain yang spesifik juga tengah mereka kembangkan untuk memperkaya fungsi pengawasan ini. Tools terbaru dari Instagram adalah bagian upaya Meta memberi lebih banyak dukungan kepada orang tua dan wali yang khawatir tentang penggunaan produk-produknya pada anak mereka.

Namun,  fitur pengawasan orang tua saat ini baru diluncurkan untuk pengguna Instagram di Amerika Serikat (AS). Mosseri menyebut pengguna di negara lain dapat menggunakan fitur ini pada pembaruan yang diberikan beberapa bulan mendatang.


Posting Komentar

0 Komentar