Advertise

SIMAK KENAPA KEYBOARD LAPTOP TIDAK BERFUNGSI !!

SIMAK KENAPA KEYBOARD LAPTOP TIDAK BERFUNGSI !!


Persoalan keyboard atau papan ketik di laptop tiba-tiba tidak berfungsi kerap terjadi. Bagi Anda yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10, mungkin juga pernah mengalami permasalahan tersebut.

Jika, Anda sedang mengalami persoalan keyboard laptop tidak berfungsi, Anda perlu mengetahui penyebabnya dulu. Ada berbagai macam kemungkinan yang jadi penyebab masalah keyboard laptop tidak berfungsi.

Keyboard laptop tidak berfungsi bisa disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau perangkat keras. Dengan mengetahui penyebab masalah itu, Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk menyelesaikan persoalan keyboard laptop tidak berfungsi.

Simak penyebab mengapa keyboard laptop  tidak berfungsi berikut ini :

1. Driver keyboard hilang atau sudah usang

Cara untuk meng-update driver keyboard di Windows 10 sebagai berikut: Klik kanan logo Windows di taksbar, kemudian pilih menu "Control Panel" Pilih opsi "Hardware and Sound" dan klik "Device Manager" Pilih opsi yang bertajuk "Keyboard" lalu klik kanan dan pilih "Update Driver"

2. Bug fitur Filter Keys 

Penyebab lain keyboard laptop tidak berfungsi, ada di bug atau gangguan dari fungsi fitur Filter Keys di Windows 10. Fitur ini sebenarnya berfungsi untuk menyaring pengulangan pengetikan huruf atau angka dari keyboard. Fitur ini biasanya berguna untuk mengetik password saat login ke laptop agar tidak ada kesalahan pengetikan seperti pengetikan berulang pada salah satu dari kombinasi password.

Sebagaimana dikutip dari blog pengulas gadget Softwarekeep, disebutkan bahwa fitur ini kerap menimbulkan gangguan pada keyboard sehingga tidak bisa berfungsi selayaknya. Anda bisa mematikan fitur ini dengan mengakses opsi "Ease of Access" yang berada di dalam menu "Control Panel". Kemudian, klik opsi "change how your keyboard works" lalu hapus centang pada opsi "Turn on Filter Keys".

3. Baterai keyboard dalam kondisi daya lemah

Kemudian, Apabila Anda menggunakan keyboard nirkabel bluetooth, bisa jadi ketika kondisi dayanya lemah bakal mempengaruhi sensitivitas dari pengetikan di tombolnya. 

Bahkan, kondisi daya lemah pada keyboard bluetooth bisa jadi penyebab persoalan keyboard tidak berfungsi. Untuk mengatasi hal ini, tentu Anda perlu untuk mengisi daya keyboard bluetooth atau mengganti baterainya terlebih dahulu.

4. Salah menghubungkan USB keyboard eksternal ke port laptop

Keyboard laptop tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena mungkin ada kesalahan saat menyambungkan USB keyboard eksternal ke port yang ada di laptop. USB mungkin tidak kompatibel dengan port di laptop. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk menghubungkan kembali USB dari keyboard eksternal ke port yang lain di laptop.

5. Keyboard rusak

Terakhir, mengapa keyboard laptop tidak berfungsi disebabkan karena perangkat keras dari keyboard Anda telah rusak, misalnya seperti kabel fleksibel penghubung keyboard ke motherboard terputus. Jika terjadi masalah seperti ini maka langkah mudah yang harus Anda lakukan adalah membeli keyboard laptop baru atau menghubungi pusat servis terdekat. Itulah penyebab mengapa keyboard laptop tidak berfungsi beserta cara mengatasinya.


Posting Komentar

0 Komentar