Advertise

cara buat pasword supaya tidak mudah di bobol



hai sahabat blakom! 

Di era serba digital ini, media sosial menjadi platform yang cukup berguna untuk mempermudah komunikasi antar pengguna. Platform media sosial seperti Instagram atau Twitter, dapat menghubungkan pengguna dari berbagai pelosok wilayah.

Agar dapat mengakses medsos tersebut, pengguna perlu memiliki nama akun serta kata sandi -nya. Kata sandi atau kata sandi itu bekerja untuk mengautentikasi kepemilikan akun, agar tidak diakses oleh sembarang orang.

Tak bisa dipungkiri lagi, akun dalam sebuah medsos juga berisi data pribadi yang harus dilindungi, misal seperti foto pribadi, percakapan antar pengguna, dan sebagainya. Karena itu, kata sandi menjadi salah satu jalan untuk melindungi data pribadi tersebut.

Password pada akun medsos sejatinya tidak bisa dibuat secara sebrono. Ada beberapa aturan yang harus diikuti untuk membuat kata sandi yang kuat, agar tidak mudah dibobol atau diakses oleh orang lain.

 Cara membuat password yang kuat

1. Password minimal berisi 12 karakter Beberapa platform media sosial, seperti Instagram dan Twitter, biasanya meminta pengguna untuk membuat akun dengan kata sandi yang berisi enam hingga delapan karakter. Kata sandi yang kuat paling tidak berisi 12 karakter atau bakal lebih baik jika di atasnya.

 2. Password berisi kombinasi karakter Buatlah password dengan kombinasi dari berbagai karakter, angka, huruf, dan simbol. Kemudian, karakter huruf untuk membuat kata sandi bisa dengan kombinasi huruf kecil dan kapital.

3. mengetahui kata sandi dengan kata umum Cara membuat password yang kuat bisa dilakukan dengan menghindari penggunaan kata umum. Kata umum ini misalnya sebuah istilah yang menyangkut identitas pengguna, misal nama, tempat bekerja, organisasi, dan sebagainya. Kata umum juga bisa berarti istilah yang kerap dipakai sehari-hari, misal "selamat pagi", "halo", dan sebagainya. penggunaan kata umum tersebut untuk membuat kata sandi . Ini bertujuan agar kata sandi tak mudah ditebak oleh orang lain.

 4. usahakan menggunakan kata sandi yang sama Selanjutnya, hindari menggunakan susunan kata sandi yang sama dengan setiap akun medsos . Misalnya, bilah telah menggunakan kata sandi “X” di Instagram, usahakan membuat susunan kata sandi baru yang berbeda di Twitter.

Tiap pengguna saat ini bisa memiliki lebih dari satu akun medsos. Dengan membuat password yang berbeda di tiap akun, bisa memperkecil kemungkinan terjadinya pembobolan secara bersamaan.

5. Menggunakan istilah yang mudah diingat Terakhir, cara membuat kata sandi yang kuat bisa dilakukan dengan menggunakan istilah yang mudah diingat pengguna, tapi sulit untuk ditebak orang lain. Agar tidak mudah ditebak, susunan password tersebut bisa menggunakan kombinasi karakter yang unik.

 Misalnya, istilah yang mudah diingat pengguna adalah “Selamat Pagi Semua”. Dengan istilah tersebut, bisa dijadikan password dengan kombinasi karakter yang unik, contohnya bisa jadi seperti “53lAm4TPa91S3muA”. Selain membuat password dengan kaidah penyusunan seperti di atas, pengguna juga wajib untuk mengingatnya, sekaligus tidak membagikan password tersebut secara sembarangan ke orang lain dengan cara apa pun.

Supaya akun medsos tak mudah dibobol, gunakan juga fitur autentikasi dua langkah yang sekarang jamak tersedia. Fitur itu memungkinkan autentikasi pengguna dengan langkah ekstra, selain dari password. Biasanya, autentikasi dalam fitur tersebut bakal membutuhkan verifikasi dari pengguna melalui kode yang dikirimkan ke nomor telepon atau alamat e-mail. Demikian lima tips membuat password yang kuat pada akun medsos, semoga bermanfaat.


Posting Komentar

0 Komentar