Advertise

BERBAGAI APLIKASI INTERNET

Aplikasi internet saat ini banyak dan terus berkembang seiring dengan dengan berkembangnya teknologi. Dari sekian banyak aplikasi yang ada, beberapa yang sering digunakan orang antara lain:

1. Word Wide Web (WWW)
Word Wide Web merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan. Ini disebabkan karena aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mencari data atau informasi secara cepat. WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen Web tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML)@. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, audio dan video.

2. Electronik Mail
E-mail atau surat electronik adalah aplikasi untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Dengan E-mail kita dapat mengirimkan file dokumen, gambar dan sebagainya. E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat.


3. Mailing List (Milis)
Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui E-mail. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi antar sesama kelompok. Setiap e-mail yang dikirim ke alamat milis akan diteruskan ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota.

4. Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya dalam sebuah forum. Biasanya anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan atau ketertrikan yang sama untuk membahas topik-topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap sebagai sebuah bulletin board, dimana setiap orang bebas mengemukakan pendapatnya dan dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.

5. Internet Relay Chat (IRC)
IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap antara satu pengguna komputer dengan yang lainnya lewat keyboard. Lewat chatting kita dapat menambah teman seantero dunia tanpa mengenal batas wilayah.

6. File Tranfer Protocol (FTP)
FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file dari komputer lain atau internet. FTP sering dugunakan untuk mengambil (download) file disuatu server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip (file). File tersebut memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna internet. File ini biasanya berupa hasil penelitian, artikel, jurnal dll.

7. Gopher
Gopher adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi atau data-data yang ada diinternet. Namun informasi yang ada hanya ditampilkan dalam bentuk teks saja.

Posting Komentar

0 Komentar