Advertise

Oppo produksi Chip Smartphone sendiri di tahun 2023 !

 


Oppo salah satu Brand Smartphone Raksasa asal China di kabarkan tengah mengembangkan Chip produksi sendiri. Kabarnya Chip tersebut akan dirilis beberapa tahun lagi tepatnya pada 2023 atau 2024.

Konon, Chip buatan Oppo itu akan di buat dengan proses febrikasi 3nm dan di produksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), Pabrik yang juga telah memproduksi chip Qualcomm.

BBK Electronics yang merupakan perusahaan yang menaungi Oppo dan sejumlah merek Smartphone lain, seperti Vivo, Realme, hingga Oneplus. Jika Oppo berhasil mewujudkan Chip tersebut, bisa di pastikan merek yang disebutkan diatas juga akan menggunakannya.

Sementara itu, menurut President Business of Oppo China, Liu Bo, mengatakan bahwa mereka akan memproduksi Chip sendiri untuk menghilangkan ketergantungan kepada produsen Chipset seperti Qualcomm dan MediaTek.

Ketergantungan ini tidak akan membuat vendor Smartphone tak memiliki opsi Chipset lain apabila tak menemukan kesepakatan dalam proses bisnis. Selain itu, dengan mengembangkan Chip sendiri, Oppo bisa melakukan kontrol penuh terhadap rantai pasokan pabriknya sendiri.

Keputusan ini tentunya membuat produsen Chip ketar-ketir karena saat ini para pabrikan Smartphone mulai marak membuat Chip sendiri. Seperti Google yang baru saja merilis Chip perdananya yaitu Tendon untuk seri Smartphone Pixel 6 Series dan Apple yang merilis iphone 13 bulan lalu dengan Chip garapannya sendiri yaitu  A15 Bionic.

Selain Apple, Google, dan Oppo, merek lain yang sudah menggunakan Chip buatan sendiri untuk Smartphone adalah Samsung dan Huawei, sebelum sanksi dari Amerika Serikat mengganggu bisnisnya.

Tidak ketinggalan, Xiaomi saat ini juga tengah melakukan pengembangan dan inovasi Chip untuk produk Smartphonenya sendiri.

Mari kita tunggu saja!

Posting Komentar

0 Komentar