Advertise

Perbandingan Windows dan Linux, Bagus mana ?


Hay Sobat BlaKom !

Seperti yang kita ketahui ada dua sistem operasi komputer yang kerap di bandingkan yaitu Windows dan Linux.

Windows adalah sistem operasi tertutup dan lisensinya di jual secara komersial. Artinya para pengguna windows harus membeli lisensi resmi jika ingin menggunakan sistem operasi windows. Oleh karena cukup mahal, tidak semua orang mampu membeli lisensinya sehingga banyak akhirnya pengguna yang membeli OS Windows bajakan yang sangat beresiko.

Linux adalah sistem operasi terbuka (open source) dan tidak diperjualbelikan secara komersial. Para pengguna Linux bisa menggunakan OS Linux secara gratis tanpa di pungut biaya. Pengguna secara umum pun boleh ikut berkontribusi mengembangkan OS Linux.

Perbandingan Windows dan Linux, Bagus mana ?

1) GUI
GUI atau Graphical User Interface adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metode interaksi pada piranti elektronik. GUI pada Windows berupa desktop yang memungkinkan pengguna melihat semua file foto dan video. OS Windows dirancang agar kompatibel dengan perangkat keras x86 misalnya AMD dan Intel. Sedangkan GUI pada Linux yang tersedia berupa GNOME, KDE, Pantheon, dan Deepin Desktop.

2) Kecepatan
Windows tipe lama terbilang lambat atau terbebani jika melakukan pembaruan ke windows versi terbaru, sedangkan untuk Linux, perangkat komputer yang spek lama pun bisa dengan cepat menjalankan OS Linux.

3) Aplikasi
Di Linux tersedia aplikasi office fungsional yang gratis, misalnya OpenOffice dan LibreOffice, sementara di Windows untuk menggunakan aplikasi fungsional tersebut seperti Adobe kita harus membeli lisensi resminya.

4) Kemudahan mematikan aplikasi
Di OS Linux mematikan aplikasi bisa dengan perintah x kill. Akan tetapi di Windows membutuhkan beberapa kali percobaan.

5) Distribusi
Linux bersifat open source sehingga dalam distribusinya ia tidak mengumpulkan data pengguna. Sedangkan windows dikenal mengumpulkan semua data pengguna dan berujung pada masalah privasi.

6) Penggunaan
Windows kebanyakan digunakan oleh gamers dan kebutuhan bisnis, sedangkan Linux seringkali digunakan di perusahaan-perusahaan besar untuk kebutuhan server dan keamanan.

Posting Komentar

0 Komentar