Advertise

Apa Kegunaan Fitur NFC di Oppo A95? Yuk Simak Artikel Berikut!

Apa Kegunaan Fitur NFC di Oppo A95? Yuk Simak Artikel Berikut!


Oppo A95 yang dirilis di Indonesia memiliki fitur NFC (Near Field Communication). Aryo Meidianto mengungkapkan, penambahan fitur NFC pada Oppo A95 yang dipasarkan di Tanah Air itu telah disesuaikan dengan permintaan pasar di dalam negeri. 

Pada dasarnya, spesifikasi dari masing-masing ponsel Oppo itu adalah kewenangan dari tiap-tiap wilayah atau negara untuk mengubah dan menambahkan fitur-fitur ke ponsel yang ingin dipasarkan. Sebenarnya, apa itu NFC di Oppo A95, dan apa saja fungsinya? Namun sebelum itu kita simak dahulu bagaimana cara kerja NFC. 

Cara kerja NFC Standar NFC saat ini memiliki tiga mode operasi berbeda. Namun, kemungkinan yang paling banyak digunakan adalah mode peer-to-peer.

Mode ini memungkinkan dua perangkat seperti ponsel ber-NFC bisa saling menukar beragam informasi satu sama lain. Dengan mode ini, kedua perangkat bisa berganti status, dari aktif saat mengirimkan data, menjadi pasif saat menerima data. 

Kemudian ada mode read/write (baca/tulis). Singkatnya, mode ini hanya bisa mentransmisi data satu arah. Misalnya, smartphone, yang biasanya bertindak sebagai komponen aktif, terhubung dengan perangkat lain untuk membaca informasi dari kartu uang elektronik atau komponen pasif lainnya.

Mode terakhir adalah card emulation. Mode ini umum digunakan dalam pembayaran digital, karena NFC bertindak sebagai kartu kredit untuk melakukan pembayaran dengan lebih mudah.

Di beberapa negara, mode ini juga digunakan untuk sistem pembayaran transportasi publik dengan cara tap ponsel ke mesin pembaca kartu (Tren pembayaran digital).

Tren pembayaran digital inilah yang menjadi pertimbangan penambahan fitur NFC ke Oppo A95 versi Indonesia. "Di Indonesia tren pembayaran cashless juga sudah sedikit merata. Mungkin itu yang dilihat oleh pusat juga, sehingga akhirnya menambahkan fitur NFC di produk ini," kata Aryo.

Berkat NFC, pengguna tak perlu repot berhenti di ATM atau mini market hanya untuk isi ulang kartu uang elektronik. Dengan begitu, pengguna juga bisa lebih hemat waktu saat di perjalanan.

Kegunaan lain dari NFC termasuk menghubungkan perangkat lain ke smartphone dengan mudah, misalnya kamera digital. Fungsi NFC di Oppo A95 juga tidak membutuhkan proses pairing layaknya fitur konektivitas lain, sepeti Bluetooth. 

NFC bisa dipicu secara otomatis asalkan perangkat lain, misalnya kartu e-money, saling berdekatan dengan ponsel. Di Indonesia, Oppo A95 yang dilengkapi fitur NFC dijual seharga Rp 4 juta. Banderol harga itu sedikit lebih mahal ketimbang Oppo A95 versi Malaysia yang tidak mendukung NFC. Di Malaysia, Oppo A95 dijual sekitar Rp 3,7 juta.


Posting Komentar

0 Komentar