Advertise

Cara Membuat balasan Email Otomatis (Auto-reply)


Hay Sobat BlaKom !

Salah satu layanan email yang banyak digunakan orang adalah Gmail dari Google. Ada beragam fungsi yang disediakan Gmail, salah satunya kirim email balasan saat penggunanya tengah cuti.

Fitur Vacation Responder Fungsinya sederhana. Setiap email yang kamu terima akan dibalas secara otomatis dengan pesan yang dapat diatur sesuka hati.

Fitur ini sangat bermanfaat terutama ketika terlalu banyak email yang kita terima sehingga tidak mungkin dibalas satu sama lain karena, misalnya, kita sedang berlibur bersama keluarga sehingga tidak ingin terganggu oleh email pekerjaan, dinas luar kantor ke tempat yang jarang koneksi internet, termasuk liburan Hari Raya Idul Fitri Fitri, yang tentunya banyak dari kita yang mudik ke kampung halaman bersama keluarga.

Di mana dengan mengaktifkan fitur auto reply/Autoresponder Anda tidak perlu lagi menulis email satu persatu untuk membalas email yang masuk.

Kegunaan lainnya adalah sebagai fitur promosi dan support bagi perusahaan anda. Misalnya jika calon client ingin mendapatkan info lebih lanjut tentang produk anda mereka dapat mengirimkan email ke email anda. 

Dalam email balasan tersebut, pengguna bisa menyampaikan bahwa mereka sedang tidak bekerja. Pengguna juga bisa mengingatkan bahwa email dari rekan bisa jadi tidak akan diperhatikan selama liburan.

Nah, jika kawan-kawan ingin mengaktifkan fitur auto reply pada gmail, supaya bisa membalas secara otomatis setiap kali ada email yang masuk tanpa perlu repot-repot login atau menulis balasan. Silakan ikuti langkah-langkah setting Gmail Membalas Email Masuk Secara Otomatis (Auto-reply/Autoresponder) melalui HP Android di bawah ini.

1. Masuk ke akun gmail kalian masing-masing. 

2. Pada halaman dashboard klik icon gir yang berada di sebelah kanan atas dashboard gmail. 

3. Lalu klik lihat semua setelan. 

4. Lalu scroll sampai kebawah, sampai kalian menemukan bagian penjawab saat libur. 

5. Terakhir, klik pilihan aktifkan, lalu isi subjek dan pesan yang akan ditampilkan jika ada pesan yang masuk ke dalam email kalian. Jika sudah selesai, silahkan klik simpan perubahan

6. Coba simulasikan setting email balasan yang baru kalian buat.

Mulai saat itu atau mulai sejak tanggal yang telah Anda isikan pada kotak last days, akun gmail sobat akan membalas email/semua email yang masuk secara otomatis (Auto-reply/ Autoresponder).   

Demikian tips cara membuat balasan Auto-reply (Balas Email Otomatis). Semoga membantu Anda yang akan berlibur bersama keluarga, teman atau ada alasan lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar