Advertise

tombol bios dan boot pada laptop

 


Setiap tahunnya teknologi semakin berkembang, dan semakin bnyaknya orang orang yang memiliki kemampuan dalam mengotak atik computer. Dalah hal ini tidak luput dari menu bios dan menu booting untuk mengatur pengaturan sebelum mask windows.

Setiap kali Anda menekan tombol daya PC, BIOS adalah operasi pertama yang memuat sistem operasi dan semua pengaturan pribadi yang menjadikan komputer milik Anda sendiri. Baik Anda perlu memperbarui BIOS atau membersihkannya dari bug yang sistematis, mengetahui cara masuk ke BIOS sangat penting bagi pengguna PC. Untuk mengakses BIOS pada PC Windows, Anda harus menekan tombol BIOS yang diatur oleh produsen yaitu F10, F2, F12, F1, atau DEL.

Jika PC Anda memulai power on self-test terlalu cepat, Anda juga dapat masuk ke BIOS melalui pengaturan pemulihan menu mulai lanjutan Windows 10. Satu hal yang paling disukai pengguna PC tentang Windows adalah berapa banyak opsi yang dapat Anda konfigurasikan secara langsung di dalam sistem yang Anda pilih.

Bahkan sebelum komputer Anda menyelesaikan penyiapan penuh, Anda dapat mencoba perangkat lunak BIOS untuk mengubah urutan boot, mengaktifkan komponen perangkat keras, atau mengubah waktu dan tanggal sistem.

Tergantung usia komputer Anda, memasuki BIOS mungkin mengharuskan Anda menekan lebih banyak tombol pada PC lama dibanding yang lebih baru.

Mari kita simak penjelasan mengenai bios terlebih dahulu

Apa itu BIOS?

Sebagai program startup terpenting PC Anda, BIOS, atau Sistem Input/Output Dasar, adalah perangkat lunak prosesor core bawaan yang bertanggung jawab untuk mem-booting sistem Anda.

Biasanya tertanam dalam komputer Anda sebagai chip motherboard, BIOS berfungsi sebagai katalisator untuk tindakan fungsionalitas PC.

Diprogram pada chip yang dapat dihapus, dapat diprogram, dan memori hanya-baca (EPROM), BIOS disimpan pada chip memori ini yang menyimpan data saat sumber daya dimatikan. Saat PC dinyalakan kembali, BIOS mengambil data tersimpan yang sama.

Sistem BIOS juga bertanggung jawab untuk mengelola aliran data antara sistem operasi komputer Anda dan perangkat apa pun yang terpasang, termasuk hard drive, keyboard, adaptor video, printer, atau mouse.

Setiap kali Anda menyalakan PC, BIOS berjalan melalui proses yang disebut Power-On Self Test, atau POST, yang menentukan apakah perangkat yang Anda pasang beroperasi dengan benar dan berada di tempat yang tepat.

Setelah semua perangkat terpasang dialokasikan dan dinyatakan OK, startup komputer Anda akan berlanjut seperti biasa dan membawa Anda ke layar muat dalam hitungan detik.

Jika BIOS mendeteksi adanya masalah, layar kesalahan akan muncul atau serangkaian kode bip akan berbunyi, yang menunjukkan kepada Anda secara efektif bahwa ada masalah.

Cara masuk ke BIOS di Windows 10

Saat Anda menemukan bug komputer yang mengganggu atau perlu memodifikasi perangkat keras CPU untuk prosesor baru yang ditingkatkan, Anda memerlukan akses ke BIOS komputer.

Laptop dengan Windows 10 dan PC mempermudah akses, pemeriksaan, dan pembaruan BIOS dengan menawarkan dua metode mudah untuk mencapai hasil yang Anda inginkan. Mari kita uraikan kedua metode tersebut.

 

Berikut ini tombol bios/ boot pada laptop atau pc anda

Anda mungkin terlalu cepat menyadarinya, tetapi PC melalui proses POST yang cepat agar layar startup dimuat secepat mungkin. Anda juga dapat mengakses BIOS dengan mengklik tombol pintas yang ditetapkan PC Anda di dalam waktu yang sangat ketat ini.

Sayangnya, merek PC yang berbeda semuanya berada di halaman yang berbeda saat menentukan tombol BIOS definitif. Laptop HP umumnya menggunakan F10 atau tombol escape.

DEL dan F2 cenderung menjadi tombol pintas paling populer untuk PC, tetapi jika Anda tidak yakin berikut tombol tombol bios ataupun booting berdasarkan merk laptop atau pc.

  • Acer: F2 atau DEL
  • ASUS: F2 untuk semua PCs, F2 atau DEL untuk motherboards
  • Dell: F2 atau F12
  • HP: ESC atau F10
  • Lenovo: F2 atau Fn + F2
  • Lenovo (Desktops): F1
  • Lenovo (ThinkPads): Enter + F1.
  • MSI: DEL untuk motherboards dan PCs
  • Microsoft Surface Tablets: Tekan dan tahan tombol volume naik.
  • Origin PC: F2
  • Samsung: F2
  • Sony: F1, F2, atau F3
  • Toshiba: F2

Menekan tombol pintas BIOS yang ditetapkan untuk Anda saat komputer boot akan mengembalikan layar utilitas pengaturan BIOS yang Anda cari.

Misalnya, pada HP Pavilion, HP EliteBook, HP Stream, HP OMEN, HP ENVY, dan lainnya, menekan tombol F10 saat status PC Anda muncul akan mengarahkan Anda ke layar pengaturan BIOS.

Beberapa produsen mengharuskan Anda untuk menekan tombol pintas berulang, dan beberapa produsen mengharuskan Anda untuk menekan tombol lain selain tombol pintas. Untuk membekali diri Anda dengan informasi yang paling akurat, baca buku panduan pengguna PC Anda atau situs web produsen merk laptp atau pc anda.

 

Posting Komentar

0 Komentar