Advertise

Tutorial Merekam video Google Meet


Hay Sobat BlaKom !

Tak ingin ketinggalan, Google meluncurkan Google Meet, layanan video conference yang bisa diakses lewat PC atau ponsel cerdasmu (smartphone), sebagai opsi mengobrol sambil tetap melakukan pembatasan sosial (social distancing).

Tahukah kamu, sebenarnya, setiap pertemuan Google Meet sebenarnya bisa direkam? Fitur merekam pertemuaan di Google Meet bermanfaat bagi para pekerja agar video dapat dibagikan dan ditonton ulang.

Mereka dari perusahaan/organisasi yang sama, host pertemuan, dan para guru yang menggunakan Google Meet sebagai "kelas" dapat melakukannya!

Jika kamu memiliki rapat penting di Google Meet dan ingin menyimpan rapat untuk dokumentasi, maka kamu dapat merekamnya dengan beberapa langkah mudah.

Juga, penting untuk merekam video untuk mengetahui anggota mana yang telah bergabung dalam rapat dan anggota mana yang tidak. Di sini kami membagikan cara paling sederhana untuk merekam video rapat di Google Meet.

Fitur ini hanya berlaku untuk mereka yang terdaftar dalam G-Suite, jadi pastikan perusahaanmu mendaftar sebagai pelanggan G-Suite untuk mendapatkan keuntungan merekam secara gratis, selain menyelenggarakan pertemuan yang lebih besar hingga 250 orang. 

Cara merekam rapat di Google Meet sangat sederhana, Agan tidak perlu menggunakan perekem video pihak ketiga. Gunakan panduan di bawah ini untuk merekam rapat di Google Meet.

Untuk mempermudah kamu memahami langkah-langkahnya, berikut kami jabarkan langkah-langkah merekam dan menyaksikan rekaman pertemuan di Google Meet.

Berikut langkah - langkahnya :

1. Masuk ke Google Meet menggunakan akun staf atau pelajar

2. Klik bagian menu “Aktivitas” yang berada pada kanan bawah

3. Klik “Rekaman”

4. Pada jendela akan muncul, klik Mulai

5. Tunggu rekaman dimulai, peserta lain akan menerima notifikasi saat rekaman dimulai atau dihentikan

6. Setelah meeting selesai, klik Aktivitas

7. Klik Rekaman

8. Klik Berhenti merekam

Syarat bisa merekam Google Meet :

- Memiliki akun G-Suite

- Merupakan penyelenggara rapat

- Berada pada organisasi yang sama dengan penyelenggara rapat, misalnya satu kampus / satu kantor.

Hal ini baru saya sadari setelah beberapa hari lalu login ke Google Meet dengan akun Gmail biasa (bukan akun G-Suite) dan tidak muncul opsi merekam video saat menjadi peserta.

Jadi jika sobat ingin merekam rapat pastikan sobat menjadi penyelenggara rapat (host) atau meminta host untuk merekamnya.

Temukan rekamannya di folder Rekaman Meet Anda di Google Drive.

Jika Anda tidak melihat opsi untuk merekam rapat, Anda mungkin tidak memiliki izin atau Anda perlu mengupgrade edisi Google Workspace Anda.

Semoga panduan singkat tentang cara record google meet ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar