Advertise

applikasi untuk mencari tempat wisata



hai sahabat blakom!

 Pengembang aplikasi lokal, Fantastis Anak Bangsa (FAB) meluncurkan aplikasi TLUSURE . Aplikasi ini berguna untuk mendapatkan rekomendasi tempat wisata yang menerapkan protokol kesehatan (prokes), di tengah pandemi Covid-19.

 TLUSUSRE akan memberikan informasi tingkat keramaian dan penerapan protokol kesehatan di tempat yang ingin dituju. Pengguna juga dapat membantu pengguna lainnya dengan memberikan update langsung dan ulasan tertulis, serta menyarankan tempat dan aktifitas baru. Selain itu, pebisnis/pemilik wisata dapat berpartisipasi aktif dengan mendaftarkan dan memberikan update informasi tempat.

"Masyarakat berusaha beradaptasi dengan normal baru , namun mereka kesulitan dalam mencari sumber informasi yang dapat diandalkan di tengah informasi yang tidak terstruktur," kata CEO FAB Indonesia, Fritz B. Tobing dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno , Jumat (8/4/2022) . "Untuk membantu masyarakat menjalankan kehidupan sehari-hari dengan aman di masa pandemi, kami membuat aplikasi TLUSUSRE," imbuh Fritz.

 Cara kerja TLUSURE

 Ketika mengakses aplikasi TLUSURE , pengguna akan disuguhi pilihan suasana “mood”, seperti senang, sedih, stres, santai dan lainnya. Hasil pilihan “mood” tersebut akan memberikan rekomendasi kegiatan dan informasi tempat yang sesuai bagi pengguna.

Lokasi dan situasi tempat yang direkomendasikan oleh TLUSURE akan memberikan informasi tingkat keramaiannya, jika situasi keramaian tinggi, maka aplikasi akan memberikan rekomendasi tempat-tempat sekitarnya yang sesuai.

Di aplikasi ini, para pengguna dapat berkontribusi memberikan informasi yang bisa menjadi referensi bagi para yang hendak mengunjungi sebuah destinasi:

> Kontributor: menghasilkan konten baru, daftar tujuan baru, dan laporan kesehatan

> Pengguna: mencari destinasi, menerima peringatan, mendapatkan rekomendasi travel terbaru

> Pebisnis: juga bisa mendaftarkan bisnis dan informasi di tempat bisnisnya dan memastikan keamanan

fitur unggulan TLUSURE

 setidaknya ada tiga fitur utama yang menjadi unggulan TLUSURE. fitur-fitur tersebut adalah:

>  fitur pencarian (search) berdasarkan filter “Ramai”, “Lengang”, “Tersertifikasi CHSE”

> fitur rekomendasi personal berdasarkan “Mood”, “Lokasi” (Nearby), dan “Popularitas” (Ranking)

> Fitur Review, Tips, dan Live Moment. Pengguna dapat meminta pengguna lain yang sedang berada di lokasi tujuan untuk memberikan laporan langsung berupa video atau gambar mengenai situasi dan kondisi tempat tujuan secara real time. Pada Januari 2022 ini aplikasi TLUSURE sudah dapat digunakan dan diakses di seluruh Indonesia.

Aplikasi TLUSUSRE juga mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan diharapkan bisa membantu mendorong pemulihan sektor pariwisata melalui upaya digitalisasi. "Selain fokus pada vaksinasi, Kementerian Parekraf juga merancang agar wisatawan domestik dan mancanegara bisa kembali bepergian," kata Menparekraf Sandiaga Uno di acara peluncuran TLUSURE, Januari 2022 lalu.

"Salah satunya dengan penyediaan aplikasi digital untuk mendukung beraktifitas di era new normal," lanjut Sandi. Aplikasi TLUSURE bisa diunduh di toko aplikasi Android di Google Play Store melalui tautan berikut ini.



Posting Komentar

0 Komentar