Advertise

Chip Baru Mengurangi Konsumsi Daya Jaringan Neural hingga 95 Persen

Hay Sobat BlaKom ! 

Kemajuan terbaru dalam sistem kecerdasan buatan seperti program pengenalan suara atau wajah berasal dari jaringan saraf, jaringan yang saling berhubungan erat dari pemroses informasi sederhana yang belajar melakukan tugas dengan menganalisis kumpulan data pelatihan yang sangat besar.

Tetapi jaringan saraf berukuran besar, dan komputasinya membutuhkan banyak energi, sehingga tidak terlalu praktis untuk perangkat genggam. Sebagian besar aplikasi ponsel cerdas yang mengandalkan jaringan saraf hanya mengunggah data ke server internet, yang memprosesnya dan mengirimkan hasilnya kembali ke telepon.

Sekarang, peneliti MIT telah mengembangkan chip tujuan khusus yang meningkatkan kecepatan komputasi jaringan saraf tiga hingga tujuh kali lipat dari pendahulunya, sekaligus mengurangi konsumsi daya 94 hingga 95 persen. Itu bisa membuatnya praktis untuk menjalankan jaringan saraf secara lokal di ponsel cerdas atau bahkan menyematkannya di peralatan rumah tangga.

“Model prosesor umum adalah bahwa ada memori di beberapa bagian chip, dan ada prosesor di bagian lain chip, dan Anda memindahkan data bolak-balik di antara mereka saat Anda melakukan perhitungan ini,” kata Avishek Biswas , seorang mahasiswa pascasarjana MIT di bidang teknik elektro dan ilmu komputer, yang memimpin pengembangan chip baru.

“Karena algoritma pembelajaran mesin ini membutuhkan begitu banyak komputasi, transfer bolak-balik data ini adalah bagian dominan dari konsumsi energi. Tetapi perhitungan yang dilakukan algoritma ini dapat disederhanakan menjadi satu operasi tertentu, yang disebut produk titik. Pendekatan kami adalah, dapatkah kami menerapkan fungsionalitas produk titik ini di dalam memori sehingga Anda tidak perlu mentransfer data ini bolak-balik?”

Biswas dan penasihat tesisnya, Anantha Chandrakasan, dekan Sekolah Teknik MIT dan Profesor Teknik Elektro dan Ilmu Komputer Vannevar Bush, menjelaskan chip baru dalam makalah yang dipresentasikan Biswas minggu ini di International Solid State Circuits Conference.

Posting Komentar

0 Komentar