Advertise

cara mengaktifkan tombol boot di menu bios

hai sahabat blakom!



Bios merupakan menu atau langkah langkah paling awal yag harus di setting ketika kita tidak bisa masuk ke dalam windows atau windows laptop atau computer kita eror.

Jadi kita harus mesuk ke menu bios dan lanjut ke  menu boot untuk melakukan install ulang laptop atau pc kita .

Sebelum melakukan boot sistem dari USB flash drive atau CD-ROM, harap biarkan komputer Anda memasuki konfigurasi BIOS terlebih dahulu,

Jika anda tidak tau cara atau harus menekan tombol apa untuk masuk ke menu bios silahkan klik link di bawah ini
http://www.blajarkomputer.com/2021/12/tombo-bios-dan-boot-pada-laptop.html

Setelah masuk ke konfigurasi BIOS, ada dua jenis layar BIOS yaitu mode UEFI dan mode Legacy.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan  tombol boot:

A.Boot sistem dari USB flash drive / CD-ROM di BIOS - mode UEFI . Dalam mode UEFI, Anda dapat memilih dan memilih item melalui Tombol Panah dan Enter dari keyboard, Touchpad atau Mouse.

            1.Setelah masuk ke konfigurasi BIOS, tekan Hotkey[F8] atau gunakan kursor untuk                                 mengklik [Boot Menu] 

            2.Pilih USB flash drive/CD-ROM di Menu Boot yang ingin Anda gunakan, lalu  tekan Enter                 key untuk mem-boot sistem dari USB flash drive / CD-ROM.
             Jika Boot Menu tidak menunjukkan USB flash drive / CD-ROM yang ingin Anda gunakan,                 lanjutkan ke langkah 3 dan setelahnya untuk menyesuaikan . (Pengaturannya mungkin                         berbeda-beda tergantung pada model yang berbeda. Jika kamu tidak menemukan di bawah ini              beberapa pengaturan dalam konfigurasi BIOS Anda, abaikan pengaturan dan lanjutkan ke                     langkah berikutnya.)

            3.Di konfigurasi BIOS, tekan Hotkey[F7], atau gunakan kursor untuk mengklik [Advanced                         Mode] yang ditampilkan layar.

            4.Buka layar [Boot] pilih [Fast Boot]item dan kemudian pilih [Disabled]untuk menonaktifkan                 fungsi Fast Boot.

5.Buka layar [Security] , lalu pilih [Secure Boot].

6.Setelah masuk ke layar Secure Boot, pilih [Secure Boot Control] lalu pilih [Disabled].

7.Save & Exit Setup. Tekan Hotkey[F10] dan pilih [Ok], komputer akan restart.

8. Setelah komputer restart, silahkan coba langkah 1 dan langkah 2 lagi untuk memilih USB flash / CD-ROM di Boot Menu yang ingin Anda gunakan, kemudian sistem akan boot dari situ.

 

B. Boot sistem dari  USB flash drive/CD-ROM di BIOS - Legacy mode. Dalam mode Legacy, Anda hanya dapat memilih item dengan menggunakan Tombol Panah dan Tombol Enter.

 

1.Buka layar [Save & Exit] , pilih USB flash drive/CD-ROM di Boot Override yang ingin Anda gunakan, lalu tekan tombol Enter untuk mem-boot sistem dari USB flash drive / CD-ROM.

“Jika Boot Override tidak menunjukkan USB flash drive / CD-ROM yang ingin Anda gunakan, lanjutkan ke langkah 2 dan setelahnya untuk menyesuaikan pengaturan“

2.Buka layar [Boot], pilih[Fast Boot] item dan kemudian pilih [Disabled] untuk menonaktifkan fungsi Fast Boot.

3. Pilih [Launch CSM] item dan kemudian pilih [Enabled].  (Pengaturan dapat bervariasi tergantung pada model yang berbeda. Jika Anda tidak menemukan pengaturan CSM di konfigurasi BIOS Anda, harap abaikan dan lanjutkan ke langkah berikutnya.)

4.Buka layar [Security] , layar, lalu pilih [Secure Boot].

5. Setelah masuk ke layar Secure Boot, pilih [Secure Boot Control] dan pilih [Disabled].

6. Save & Exit Setup. Tekan Hotkey[F10] dan pilih [Yes], komputer akan restart.

7. Setelah komputer restart, silahkan coba Langkah 1 sekali lagi untuk memilih USB flash / CD-ROM di Boot Override yang ingin Anda gunakan, maka sistem akan melakukan booting darinya.

 


Posting Komentar

0 Komentar